English French German Spain Italian Dutch Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified Russian

KOMUNITAS BLOGGER KALIMANTAN SELATAN

CATATAN ANAK BANJARMASIN

SELAMAT DATANG DI BLOG ANAK BANJARMASIN

"Sebenarnya Saya membuat dan menulis pada blog saya ini sebagai sarana pemberitahuan dan tukar tambah informasi dan sarana silaturahmi antara pengguna internet dengan harapan kita semua bertambah ilmu pengetahuan serta wawasan khususnya dalam hal teknologi IT ini"

KOLOM PENCARIAN

Rabu, 03 Februari 2010

OPERASIONAL GENERATOR BEKERJA SENDIRI(TUNGGAL)

Generator tunggal mengirim seluruh kebutuhan beban yang berupa daya dalam KVar dan KW.Cos kerja generator semata-mata ditentukan oleh bebannya.Cos phi kerja yang cukup baik bagi generator berkisar antara 0,80-0,90.
Tegangan generator ditentukan oleh arus output generator sebagaimana data dari generator tersebut.Tindakan penurunan tegangan generator terjadi akibat dari penaikan beban disamping itu frekwensi generator akan mengalami penurunan pula,sebaliknya. pengurangan beban dapat menyebabkan kenaikan tegangan serta frekwensi generator.Oleh itu dalam pembebanan generator harus diperhatikan agar tidak mendadak dapat beban banyak begitu juga sebaliknya.
Kedua hal tegangan dan frekwensi,untuk saat sekarang tidak merupakan masalah besar lagi.Untuk tegangan,generator kebanyakan mempunyai perlengkapan pengatur tegangan konstan otomatis(automatic voltage regulator).
Untuk frekwensi,penggerak telah mempunyai governor yang mengatur konstannya putaran penggerak tak tergantung besarnya beban.
Dengan demikian operator tidak terlalu repot serta kemungkinan salah operasi dari generator oleh tegangan dan frekwensi yang tidak tepat dapat dikurangi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar